Selasa, 17 Mei 2016

CAKE COKLAT DOUBLEPAN HAPPYCALL, DENGAN TIPSNYA


Hai Semuaaa..

Assalamualaikum wr Wb

Akhirnyaaaaa.... bikin cake jugaaa. Yaaa meskipun sedikit gagal, karena teksturnya kayak bantet, tapi gak bantet. Nahloh, bingung tho. Kali ini resepnya berbeda. Kenap?, karena aku nemu resepnya di FB. Salah satu keungulan FB adalah bisa ngeshare postingan apapun itu. Ya iniii.. ngeshare resep brownis no mikser no kukus. Bahannya juga mudah didapat, di warungpun tersedia.


Mungkin aku menjadi orang pertama yang protes dengan judul resep ini. Dari judulnya kan brownis. Setelah aku bikin, mengecewakan. Ini mah cake coklat biasa, bukan brownis, mentang-mentang sama-sama coklat, teruz bisa dibilang brownis. Saya protesss... Whateverlah, yang penting enak dan bisa dimakan, hihihi.

Resepnya ini cucok banget bagi pemula yang pengen bikin cake tapi takut gagal. Namanya bikin cake pasti ribet donk yak. Lebih ribet dari masak sayur bayam bening. Hanya saja, respnya ini simple, ini adalah resep cake yang tersimple yang pernah ku bikin. Tinggal di aduk-aduk, masuk ke cetakan, kukus deh. Wollaaa.. cakenya pun siap di santap. Insyaallah juga anti gagal. Ini cakenya menurutku kurang manis dikit, bagi yang gak suka manis sesuai resep aja, malah boleh gula pasirnya di skip (pait donk). Sesuai degan selera deh.

1 resep ini menghasilkan 9 cupcake. Naaahhh.. kebetulan banget punya cetakan silikon baru. Dan satu lagi, aku bikin cakenya gak di kukus. Gak juga di oven. Nahloh diapain hayoooo... Aku gak punya kukusan, dan gak punya oven. Kasian yak gue. Sini donk siapa yang mau mengasihiku. Dapet barang bekas pun aku mau, tp yang masih bisa digunakan lhoh yaak. duuuuhhh.. ngarep..

Aku punyanya cuma happycall doublepan. Ya itu deh yang kupake. Niih yak, aku kasih tips menggunakan doublepan dan meminimalisir kegosongan (aku banget nih). Yang pertama siapin dulu doublepannya,Gak kudu happycall sih, merek apapun bisa.  Yang kedua siapin tatakan panci panas. Naaah, tatakan pancinya itu ditata sedemikian rupa ke dalam double pan. Baru deh letakkan cake yang mau dipanggang. Bdw sebelum cake dimasukkan, doublepannya dipanaskan terlebih dahulu. Liat contoh gambar di bawah yak..



Kalo doaublepannya udah panas, baru deh masukkan cakenya. Masak dengan api keciiil banget. Saking kecilnya, tanganku ngusir laler (hus hus husss) bisa mati tuh apinya, hihihi. Ouw iya dalam keadaan doublepan tertutup rapat. Jangan khawatir dengan embunnya. Selama aku manggang cake dengan cara ini alhamdulillah tuh malah gak ada embun yang netes ke cake. Embunnya aja gak ada, Hati-hati yak saat buka pannya, uap panas langsung membludak, bisa loh sampe melukai tangan karena saking panasnya. Untuk waktu pemanggangan sesuai aja deh kalo pake oven atau kukusan (sesuai intruksi). Kemaren aku manggang cak coklat ini butuh waktu 15 menit doank. Tanda cake matang, ketika ditusuk tidak meninggalkan adonan di tusuk gigi atau garpu.


 

Untuk hasilnya, jangan samakan yak dengan panggangan oven. Kalo menurutku perpaduan antara panggang dan kukus. Nahloh, terus aku nyebutnya mau gimana cobak. Pokoknya itu lah, hihihi.

Sooooo... dengan cara ini si double pan yang biasanya nonggrok diantara kardus, bisa sering2 dimanfaatin nih.. alhamdulillah.

Bdw ini nih resepnya.



CAKE COKLAT NAN SIMPLE
(by FB Bunda Deti Zahra)

BAHAN:
 - 2 butir telur kocok lepas
 - 5 sdm margarin, cairkan
 - 5 sdm gula pasir
 - 5 sdm tepung terigu prot sedang
 - 5 sdm coklat bubuk
 - 1 bungkus SKM coklat
 - 1 bungkus dancow coklat (jangan sampe berfikir untuk merubah susu bubuk ini dengan susu milo, seperti yang aku lakukan. Hasilnya akan agak keras)
 - 1/2 sdt baking powder

CARA MEMBUAT:
Kocok telur dengan gula pasir, mpe gula pasir larut. Masukkan bahan yang lainnya. Aduk rata. Siapkan cetakan, tuang adonan ke dalam cetakan. Kemudian panggang di oven, atau bisa juga di kukus yang sudah dipanaskan sebelumnya. Kalo mau dengan doublepan juga monggo (seperti aku). Semuanya enak kog. Masak dengan api kecil. Tunggu kurleb 30-45 menit, sampe cake matang. Tanda cake matang adalah saat cake ditusuk garpu atau tusuk gigi, gak ada adonan yan menempel . Kalo sudah matang siap sajikan. Bisa juga diberi tabura nkeju, almond, dll.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar